Saranghaeyo Indonesia 2017: Penutup Konser K-Pop Akhir Tahun dengan Bertabur Bintang

Saranghaeyo Indonesia 2017
Saranghaeyo Indonesia 2017

Sukses menggelar konser Saranghaeyo Indonesia 2016—yang mendatangkan Akdong Musician, Taeyang “Big Bang”, dan NELL—promotor Mecimapro kembali menggelar konser Saranghaeyo Indonesia 2017 di Hall 5 Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City pada 25 November lalu. Tahun ini menampilkan lebih banyak lagi bintang tamu: iKON, DEAN, Eric Nam, Lee Hi, dan DAY6.

Setelah menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, konser dibuka dengan penampilan band asuhan JYP Entertainment: DAY6 yang beranggotakan Jae, Sungjin, Young K, Wonpil, dan Dowoon. Mereka membuka konser dengan lagu “I’m Serious” yang mengentak.

“Belum lama ketemu, ketemu lagi, senang rasanya bertemu lagi, mantap, mantap,” kata Sungjin, leader sekaligus vokalis utama DAY6, dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing member. Penampilan mereka berlanjut dengan lagu, “Dance Dance”, “You Were Beautiful”, dan “Congratulations”. Fans dibuat heboh saat mereka menyanyikan “Separuh Aku” dari band NOAH. Pada fanmeeting di Jakarta beberapa waktu lalu, mereka pun membawakan lagu tersebut. “Sing Me” dan “Freely” dipilih sebagai lagu penutup. Jae sempat turun dari panggung untuk menyapa para penonton. “Terima kasih,” ucap semua member DAY6 sebelum meninggalkan panggung.

Penonton lanjut lagi dihibur oleh Eric Nam yang membuka penampilan dengan lagu “Body”. Sebelumnya, Eric sempat khawatir penggemar Indonesia tak banyak mengenal lagunya.

“Aku terkejut banyak yang tahu lagu saya dan ikut menyanyi.” Penyanyi solo kelahiran Amerika ini tampil percaya diri dan satu-satunya penampil yang berbahasa Inggris. Tuntas dengan “Body”, penonton disuguhkan dengan “You Who?”, “Good For You”, “Cave Me in”, “Into You”, dan “Ooh Ooh”. Eric turun dari panggung untuk menyapa dan menyalami penonton. “Sayangnya ini lagu terakhir, aku janji akan kembali lagi. Saranghae. Thank you, Jakarta, kalian amazing,” ucap Eric sebelum menutup penampilannya dengan lagu “Can’t Help Myself”.

Lanjut lagi. “Put My Hands on You” merupakan lagu pertama Dean. Penyanyi bernama asli Kwon Hyuk tersebut menyapa penonton dengan riang, “Halo semuanya! Nama saya Dean. Saya ke sini untuk bersenang-senang bareng kalian semua!” Sederet lagu hits-nya pun bergulir, seperti “Bonnie & Clyde”, “What2do”, “21”, “D (Half Moon)”, “Love”, dan “I’m Not Sorry”. Lampu panggung diredupkan, namun ternyata Dean kembali lagi ke panggung menyanyikan lagu “Bermuda Triangle” berkolaborasi dengan Zico dan Crush.

Setelah Dean berlalu, giliran panggung dikuasai oleh Lee Hi. Lagu ballad “Breath” memukau penonton hingga sontak ikut bernyanyi. “Rose” tidak kalah menghipnotisnya. Meskipun sempat mengalami kendala sound di awal, Lee Hi mengaku senang bisa tampil di Indonesia dan tidak menyangka banyak yang hafal dengan lagu-lagunya. “World Tour”, “Hold My Hand”, “My Star”, “I’m Different” (feat. Su Hyun Akdong Musician), dan “1,2,3,4” sukses membuat penonton terus ikut sing-along.

Pamungkas konser Saranghaeyo Indonesia 2017 adalah iKON yang membuka dengan dua lagu up to beat berturut-turut “Sinosijak” dan “Rhytm Tha”. Venue berubah menjadi lautan merah yang berasal dari Konbat—lightstick para penggemar iKON.

“Kalian siap semuanya? Kami adalah iKON! What’s up everybody! Kami sangat kangen kalian. Ini adalah kali kedua kami ke Jakarta. Mari bersenang-senang!” ujar para member yang terdiri atas B.I, Jay, Bobby, Song, Ju-ne, DK, dan Chan.

Tempo lagu mulai diturunkan saat mereka membawakan hits “My Type” dan “#WYD”. Kegalauan penonton kemudian digantikan dengan irama energik dari lagu “Bling Bling”, “B-Day”, hingga “Dumb and Dumber”.

Konser Saranghaeyo Indonesia 2017 dimulai pukul 18.30 WIB selama kurang lebih dua setengah jam. Penggemar mulai berdatangan sejak pagi untuk menukarkan tiket atau baru membeli tiket on the spot.

Penjualan tiket pre-sale online dibuka sejak bulan Mei hingga Juni. Selanjutnya, tiket dijual dengan harga normal mulai tanggal 24 Juli khusus bagi anggota MCP Fanclub, dan mulai 26 Juli untuk umum via www.indotix.com. Harga tiket BLUE-Festival Rp1.750.000, PINK-Festival Rp750.000, dan YELLOW-Tribun Rp1.500.000.

Para pemegang tiket VIP Packaged berkesempatan ikut dalam event fansign bersama Dean. Sementara itu, semua pemegang tiket berkesempatan mengikuti lucky draw untuk meet & greet bersama Eric Nam, DAY6, Lee Hi, dan iKON.

Sebagai penikmat musik K-Pop, menurut saya, Saranghaeyo Indonesia 2017 merupakan konser yang cukup memuaskan. Dengan harga lumayan terjangkau, kita disuguhkan line up bintang tamu yang bagus. Selain itu, mulai dari proses pelayanan tiket, antre penukaran, antre masuk holding area, dan antre masuk concert hall, hingga acara berlangsung cukup tertata rapi. Saya sempat khawatir akan berdesak-desakan seperti pengalaman nonton konser K-Pop pertama kali. Pihak promotor sudah mempersiapkan segalanya dengan baik.

Walaupun sempat terjadi “kerusuhan” di media sosial karena kesalahan penulisan waktu pada tiket fisik, tetapi pihak promotor dengan cepat menanggulangi sebelum hari-H. Ketika saya sampai di tempat konser, antrean penukaran tidak terlalu padat dan proses penukaran terbilang cepat. Tiket sudah dipersiapkan sesuai dengan nama pemesan. Kita hanya perlu menunjukkan print out konfirmasi surel, KTP, dan bukti pembayaran.

Saya menonton konser kali ini dengan “Squad Karbitan”—Kak Lian, Diana, Ega, dan Anisa. Tiket sudah dipesan sejak bulan Mei. Setelah mendapat tiket, kami diperbolehkan masuk ke holding area. Di dalam sana, sudah berbaris rapi penonton yang datang lebih awal dari kami, menurut kategori masing-masing. Disediakan juga photo booth meski harus rela mengantre hingga dapat giliran.

Setelah menunggu kurang lebih dua jam, kami masuk concert hall dan menikmati konser yang berjalan penuh semangat, terlebih saat iKON tampil. Seperti biasa, kurang afdol jika tidak merekam konser dengan kamera pintar, tetapi itu cukup mengganggu penonton lain, terlebih yang mempunyai tinggi di bawah rata-rata seperti saya.

Begitu konser berakhir, saya dan teman-teman khususnya pembeli tiket festival banyak yang tepar kelelahan di holding area.

Ditunggu Saranghaeyo Indonesia di tahun 2018 ya, Mecimapro.

Puput Alvia

Comments

  1. Tari Noviana Reply

    Kalau ada lagi di tahun 2018, semoga bisa nonton. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!