5 Hal Ini 100 Persen Bikin Kamu Males Kuliah

in Extra by
5 hal bikin malas kuliah
Sumber gambar dispatch.com

Buat sebagian besar remaja labil dengan kostum putih biru, kuliah sering digambarkan sebagai tempat yang asyik dan menyenangkan. Padahal, kenyataannya bisa 100 persen berbeda. Bayangan asyik dan menyenangkan itu bisa jadi hilang saat memasuki belantara kampus yang sebenarnya.

Kuliah itu nggak seindah khayalanmu itu. Kampus itu tempat yang penuh lika-liku bagaikan labirin yang sangat rumit. Iya sih, nggak selamanya kampus itu jadi tempat yang rumit dan bikin pusing pala barbie. Sebab, serumit apa pun dunia kampus, kalau dibawa enjoy, pasti akan terasa menyenangkan juga.

Tapi…, kalo kamu nemuin 5 hal berikut, dijamin kamu pasti males kuliah, dan kampus seolah-olah menjadi tempat yang angker dan amat sangat nggak menyenangkan.

1. Kelas Bikin Males

Kuliah itu berbeda dari sekolah. Satu perbedaan yang jelas mencolok adalah di saat kamu dapet kelas yang nggak banget, yang nggak sesuai sama harapan kamu. Kampus itu ibarat kebun binatang yang di dalamnya berisi berbagai macam satwa. Coba bayangin, apa jadinya kalau seekor anoa tinggal satu kandang sama singa? Pasti apes banget tuh anoa, bukan?

Ya, kampus memang bukan kebun binatang, tetapi juga bukan mall yang mengasyikkan buat belanja. Ada kalanya kampus itu menjadi tempat yang amat kejam, yang bisa bikin kamu “mati kutu”. So, siapkan dirimu sebaik mungkin sebelum memasuki belantara perkuliahan.

2. Dosen yang Nggak Asyik

Oke, mungkin kamu bakal lega ampe sujud syukur berkali-kali karena dapet kelas yang asyik dan menyenangkan. Tetapi, jangan seneng dulu. Soalnya, di hutan yang bernama kampus itu, banyak banget predator yang siap memangsamu.

Asal tahu aja ya, predator paling berbahaya itu bernama dosen. Meski nggak semua dosen itu killer, tapi kamu tetaplah harus waspada. Sebab, banyak dosen yang berwajah bak malaikat, tapi sering ngasih tugas yang nggak manusiawi banget, atau ngasih nilai paling banter cuma B. Itu pun kalo kamu bawain martabak telor dulu ke rumahnya. Apa itu bukan predator?

3. Jarang Cewek Cantik atau Cowok Ganteng

Alasan klasik lainnya yang tak kalah menyedihkan adalah jarang—atau bahkan nggak ada—mahasiswa/i yang cakep, cantik, dan enak dipandang. Tentu saja, ini satu poin yang bisa bikin kamu males dateng ke kampus. Buat yang satu ini, aku juga ikutan prihatin. *ngelepas topi*

4. Nggak Punya Pacar

Mungkin ini terdengar sangat mengada-ada. Tapi, kebanyakan mahasiswa zaman sekarang itu memang sangat lemah. Dikasih tugas rada banyak, ngeluh. Dapet dosen killer, ngeluh. Dapet jadwal yang nggak sesuai, juga ngeluh. Banyak sekali alasan yang bikin mereka suka bahkan suka banget ngeluh. Misalnya, “Yah, gimana mau semangat, orang gue nggak punya pacar!” Lah, apa hubungannya pacar sama kuliah? “Ya ada dong! Kalo gue punya pacar, kan ada yang nyemangatin buat kuliah. Bener, kan?”

Begitulah. Padahal, kalo nanti udah beneran punya gebetan, palingan semangatnya cuma beberapa minggu doang, terus ngeluh lagi, ngeles ini-itu lagi. Dasar labil!

5. Salah Masuk Jurusan

Alasan terakhir yang pastinya bikin kamu males atau nggak betah di kampus adalah salah masuk jurusan. Ini alasan paling parah di antara semua alasan tadi. Di saat kamu udah ngerasa salah ambil jurusan, cuma ada dua pilihan buat kamu: jalanin aja kuliah walau kamu nggak bahagia, atau keluar dan masuk ke jurusan lain yang kamu suka. That’s it!.

Yup, itulah 5 hal yang pastinya bikin kamu ngerasa kampus itu tempat yang sangat membosankan. Nggak nyenangin banget. Tapi percayalah, nggak akan ada kata males atau bosan menjalankan sesuatu kalau sudah didasari oleh rasa suka. Jadi, kuncinya adalah sukai dan cintailah apa yang menjadi pilihanmu!

Kalo sejak awal kamu udah males, maka selamanya yang kamu kerjain itu gak bakal menyenangkan!

Furqonie Akbar
Follow Me

Furqonie Akbar

Tukang modus yang sering patah hati. Yang berminat jadi pacarnya bisa hubungi furqonieakbar@gmail.com.
Furqonie Akbar
Follow Me