Sayembara Novel Basabasi 2019

Ketentuan umum:

  • Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun;
  • Naskah tidak sedang diikutkan dalam lomba lain;
  • Naskah merupakan karya asli, bukan saduran atau jiplakan;
  • Hanya diperbolehkan mengirim satu naskah;
  • Naskah ketiga juara dan para nomine akan kami terbitkan dengan sistem royalti (terpisah dari ketentuan lomba ini);
  • Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu-gugat;
  • Dewan Juri tidak melayani tanya-jawab terkait proses penjurian;
  • Periode penerimaan naskah: 10 januari – 30 April 2019;
  • Periode penjurian: 1 Mei – 31 Juli 2019;
  • Pengumuman pemenang: Agustus 2019

Ketentuan khusus:

  • Panjang naskah 30.000 – 35.000 kata (halaman A4, spasi 1,5, Times New Roman ukuran 12)
  • Tema bebas;
  • Unsur kesegaran dalam tema maupun gaya bercerita akan menjadi nilai tambah;
  • Tidak perlu mencantumkan nama penulis dalam naskah;
  • Lampirkan biodata penulis dan sinopsis secara terpisah dari naskah;
  • Satu salin naskah cetak dikirim ke:

Penerbit Basabasi

Jln. Malabar no. 16, Sorowajan Baru

Banguntapan, Bantul

081316320671

  • Satu salin naskah digital dikirim ke sayembaranovel@gmail.com dengan format subjek: Nama Penulis – Judul Naskah

Hadiah:

  • Juara pertama: Rp20.000.000
  • Juara kedua: Rp15.000.000
  • Juara ketiga: Rp10.000.000
  • Nomine: Rp2.000.000

Dewan Juri:

  • Joni Ariadinata
  • Agus Noor
  • Mahfud Ikhwan
  • Tia Setiadi
  • Faisal Oddang
  • Reza Nufa
Admin
Admin

Latest posts by Admin (see all)

Comments

  1. Hijra Reply

    Min, mau tanya naskah nya dicetak pake kertas hvs doang kan.

    • Admin Reply

      iya, kak. kalo pake kertas jasmine itu buat cetak undangan pernikahan.

      • Hijra Reply

        Timbal balik boleh gk min? Biar hemat 🙂

  2. Stalker Reply

    Hallo min, saya sudah beres nulis, tinggal kirim, tapi ternyata naskah lebih dari 35000 kata. Itu masih boleh ikut lomba gak? Soalnya bingung kalo harus hapus-hapus sampe jadi 35000 kata.
    Kalo buat yang baru lagi dari awal juga gak yakin keburu.

    • Admin Reply

      hapus-hapus itulah tantangannya.

  3. Nadhifa salsabila Reply

    35.000 kata tuh berarti berapa halaman ya Kira2?

    • Admin Reply

      kalo tiap halaman ada 17 kata berarti total 1945 halaman, kak.

      • Wendy MF Reply

        Admin lucu, aku Cinta..

        • Cinta Astuty Reply

          Aku merasa terapnggil.

          • EllenaLe

            Min Byar uang pendaftaran tidak??

          • Satusatu

            Beneran bisa all genre? FF boleh?

      • Anonymous Reply

        admin nya menyayah…hehehe. greget aq

    • Fayristale Reply

      Kak ini lomba perorangan yg bikin atau boleh tim?

  4. Anonymous Reply

    Min, ini untuk seluruh Indonesia?

  5. Admin Reply

    Testing komentar

    • Admin Reply

      Perlu dibuat tanda kalau admin komentar, jangan sampai seperti ini.

      • Admin Reply

        INI SIAPAAAAAAAAAAAA?

        • Admin Reply

          AING MAUUNG

  6. Trikasihoni Reply

    Min,buat novelnya di ketik atau di tulis tangan?

  7. Ainun Reply

    Terngakak baca komentar. Ya Allah 😂

  8. Bintang Reply

    Min mau tanya, apakah setiap peserta akan mendapatkan e-sertifikat?

    • Ratu Reply

      Sepertinya tidak

  9. Annn Reply

    Kak, kalo boleh tau, apa kita wajib mengirimkan versi cetak dan versi file atau boleh pilih salah satu asalkan kirim salinan novel yg kita buat? Soalnya kalo diprint bisa mahal kak, soalnya halamannya kan banyak.

    • lia Reply

      print copy saja, biasanya saya print naskah tidak sampai 30k itu 150an halaman.

  10. HP Reply

    min, bagaimana dengan ketentuan margin?

  11. Anonymous Reply

    Mimin kesabarannya luar biasa ih salut banget

  12. wid Reply

    semoga bisa konsisten ikut lomba ini ya Allah:(

    • Anonymous Reply

      Min.. sy kan pendukung Prabowo.. boleh ngikut gak?

  13. Primavanda Reply

    Misi kak mau nanya. Seandainya yang mengikuti sayembara ini tidak memenangkan juara ataupun nominee apakah naskah tersebut ttp dapat diterbitkan baik di basabasi ataupun penerbit lain? Terimakasih

    • Admin Reply

      kami hanya menerbitkan naskah yang lolos seleksi.

  14. Muhammad Samiaji Reply

    Maaf min, untuk pengiriman naskah apa memang harus dikirim lewat email (versi softfile) sama pos (untuk versi cetak), apa bisa pilih salah satu?

    • Anonymous Reply

      bantu jawab. menurut komentar sebelumnya memang harus mengikuti ketentuan.

  15. rahayu rossiana Reply

    min cara daftarnya gimana,,?? saya mau dong ikutan

  16. rahayu rossiana Reply

    min saya sebar brosurenya yah.. biar banyak yang ikutan. heheh

  17. Renny Reply

    Min mau tanya. Di ketentuan lomba. Syaratnya naskah belum pernah di publish. Andaikan kita pernah mempublishkannya di media wattpad. Naskah masih boleh di ikut sertakan tidak?

  18. wiwin Reply

    Ada tips nggak Kak, biar kita bisa konsisten dengan 1 permasalahan utama dalam nulis novel? Biar ceritanya gak kayak sinetron yg tiada tamat. Soalnya kalo udah nulis ide tuh berdatangan dan kadang nggak nyambung sama yg udah kita tulis tp menarik untuk dituliskan. Mohon bantuannya Kak. 😊

    • wid Reply

      bantu jawab nih, mending sebelum nulis tuh dibikin alur/kerangka tulisannya dulu dari awal sampai akhir. jadi semisal kamu lupa atau nge-blank, kamu bisa liat catatan yang udah dibikin buat ceritanya. biar nggak ngalor-ngidul juga wkwkwk. semoga membantu.

      • wiwin Reply

        Hem iya ya Kak… kesalahan juga sih aku lupa konsep awal, langsung nulis aja. Soalnya ini konsepnya udah lama (dahulu kala) aku tulis tp baru beberapa halaman udah aku tinggal bikin cerita yg lain. sekarang pengen lanjut lagi dan hasilnya kemana-mana ceritanya. Makasih Kak Wid 😊

      • Dayana Reply

        Ini gratis apa berbayar?

        • Jaemin Reply

          Iya ini bayar ga?

          • Admin

            di situ ada ditulis tentang biaya pendaftaran nggak? 🙂

  19. Anonymous Reply

    Ini free kan?

  20. Dewy Eka Reply

    Ngakak baca komentar…. Budayakan membaca baru reaksi, kasihan kak Mimin nya 😂

    • Admin Reply

      nggak apa-apa. tapi biasanya malah yang menang itu yang nggak banyak nanya kok.

  21. Anonymous Reply

    Ka aku pingin ikutan tpi ini dri seluruh Indonesia ga? Soalnya bingung klo kirim naskahnya gimana

  22. Fardany Reply

    Min, saya mau tanya. Bolehkah naskah cetaknya dicetak bolak balik?

    • wiwin Reply

      Pertanyaan ini (mungkin) nggak dijawab karena termasuk penilaian juri Kak. Mungkin sih.

  23. Farah Reply

    Naskah yg dikirim, klo tidak beruntung milik siapa? Hehe
    Serius nanya

    • Anonymous Reply

      Ini tidak ada biaya pendaftaran?
      Lalu, pendaftaran itu sekaligus langsung pengiriman naskah?

    • Admin Reply

      tetap jadi milikmu, kak. karena kami hanya mau menerbitkan naskah yang lolos seleksi.

  24. Viverrynpn Reply

    Min, harus dikirim cetak juga?

  25. lycia Reply

    min mau tanya, itu novelnya dikasih sampul gapapa?

    • lycia Reply

      oh iya sama tanya format untuk biodatanya :), maaf ya min

      • R Reply

        min mau tny dong. novel pemenangnya nanti bakal diterbitin di toko buku gramedia ga ya?

  26. Mia Reply

    Kak, kalau kirim naskah yg sudah pernah dipublikasi di wattpad boleh?
    Sudah pernah (Tidak sedang dipublikasi)

    • Anonymous Reply

      mau bantu jawab. di ketentuannya kan “naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun”, belum pernah dan sudah pernah itu udah keliatan dari situnya kak hehe

  27. An Reply

    Min, kalau misal naskah cetaknya dikirim sebelum deadline tapi ternyata sampai ke penerbit setelah deadline tetap diterima atau tidak? kan kadang ada masalah tuh di ekspedisinya

  28. Lira Yanti JY Reply

    Wkwkwk, ngakak baca komentar. Mimin lucu, telaten benar jawabnya. 🤣

  29. Sungai l Reply

    kak ini ga berbayar ya?

  30. Dewi Reply

    Bisa ga naskah nya ditulis tangan??

  31. Imam Reply

    Kak Mimin, untuk konfirmasi lulus tidaknya, seperti apa?
    Ditunggu balasannya.

  32. Yuyh Reply

    Min nnya bentar, ada biaya pendaftaran?

  33. Hajar mutmainnah Reply

    Min ada wa atau akun sosmed yg lain gak.. biar gampang tanya jawab nya hehehe…

  34. RR Reply

    min mau tanya dong, novel pemenangnya nanti bakal diterbitin di toko buku gramedia ga?

  35. Anonymous Reply

    Min, kalau ceritanya berseries gimana?

    • Anonymous Reply

      Kaya twilight gitu ..

  36. Lembayung Jingga Reply

    adminnya lucu ih,
    gemay akuu

  37. embuh Reply

    kalo gak punya novel boleh ngirim gak?

  38. unknown Reply

    min mau nanya nih itu sya punya naskah panjangnya 14:300 kata sekian boleh ikutan gk min? Sama maksudnya biodata biasa itu apa?

  39. unknown Reply

    min mau nanya nih itu sya punya naskah panjangnya 14:300 kata sekian boleh ikutan gk min? Sama maksudnya biodata biasa itu apa? tolong banget jawab bener ya min!

  40. Anonymous Reply

    min temanya bebas aja kan

  41. Anonymous Reply

    Min, nyari jodoh di profile penulis, boleh?

Leave a Reply

Your email address will not be published.